Sistem Pernafasan pada Manusia


Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air.
Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi

Sistem Pernapasan pada Manusia terdiri atas

o hidung
o faring
o trakea
o bronkus
o bronkiouls
o paru-paru

Rongga Hidung
Pada permukaan rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam rongga hidung.

Pangkal Tenggorok
Pangkal tenggorok disusun oleh beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorok (epiglotis). Pada waktu menelan makanan, katup tersebut menutup pangkal tenggorok dan pada waktu bernapas katu membuka. Pada pangkal tenggorok terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru, misalnya pada waktu kita bicara.

Batang tenggorok
Batang tenggorok (trakea) terletak di sebelah depan kerongkongan. Di dalam rongga dada, batang tenggorok bercabang menjadi dua cabang tenggorok (bronkus). Di dalam paru-paru, cabang tenggorok bercabang-cabang lagi menjadi saluran yang sangat kecil disebut bronkiolus. Ujung bronkiolus berupa gelembung kecil yang disebut gelembung paru-paru (alveolus).

Paru-paru
Paru-paru terletak di dalam rongga dada. Rongga dada dan perut dibatasi oleh siuatu sekat disebut diafragma. Paru-paru ada dua buah yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga gelambir (lobus) yaitu gelambir atas, gelambir tengah dan gelambir bawah. Sedangkan paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir yaitu gelambir atas dan gelambir bawah. Paru-paru diselimuti oleh suatu selaput paru-paru (pleura).
Alveolus dalam paru-paru jumlahnya sangat banyak, lebih kurang 300 juta alveolus. Luas permukaan seluruh alveolus diperkirakan 100 kali lebih besar daripada permukaan tubuh. Alveolus dikekelingi pembuluh-pembuluh kapiler darah.
Pertukaran Gas dalam Alveolus
Oksigen yang diperlukan untuk oksidasi diambil dari udara yang kita hirup pada waktu kita bernapas. Pada waktu bernapas udara masuk melalu saluran pernapasan dan akhirnyan masuk ke dalam alveolus. Oksigen yang terdapat dalam alveolus berdifusi menembus dinding sel alveolus. Akhirnya masuk ke dalam pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin yang terdapat dalam darah menjadi oksihemoglobin. Selanjutnya diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.
Oksigennya dilepaskan ke dalam sel-sel tubuh sehingga oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin. Karbondioksida yang dihasilkan dari pernapasan diangkut oleh darah melalui pembuluh darah yang akhirnya sampai pada alveolus Dari alveolus karbon dioksida dikeluarkan melalui saluran pernapasan pada waktu kita mengeluarkan napas.
Dengan demikian dalam alveolus terjadi pertukaran gas yaitu oksigen masuk dan karnbondioksida keluar.

Proses Pernapasan
Bernapas meliputi dua proses yaitu menarik napas atau memasukkan udara pernapasan dan mengeluarkan napas atau mengeluarkan udara pernapasan. Menarik napas disebut inspirasi dan mengeluarkan napas disebut ekspirasi.
Pada waktu menarik napas, otot diafragma berkontraksi. Semula kedudukan diafragma melengkung keatas sekarang menjadi lurus sehingga rongga dada menjadi mengembang. Hal ini disebut pernapasan perut. Bersamaan dengan kontraksi otot diafragma, otot-otot tulang rusuk juga berkontraksi sehingga rongga dada mengembang. Hal ini disebut pernapasan dada.
Akibat mengembangnya rongga dada, maka tekanan dalam rongga dada menjadi berkurang, sehingga udara dari luar masuk melalui hidung selanjutnya melalui saluran pernapasan akhirnya udara masuk ke dalam paru-paru, sehingga paru-paru mengembang.
Pengeluaran napas disebabkan karena melemasnya otot diafragma dan otot-otot rusuk dan juga dibantu dengan berkontraksinya otot perut. Diafragma menjadi melengkung ke atas, tulang-tulang rusuk turun ke bawah dan bergerak ke arah dalam, akibatnya rongga dada mengecil sehingga tekanan dalam rongga dada naik. Dengan naiknya tekanan dalam rongga dada, maka udara dari dalam paru-paru keluar melewati saluran pernapasan.

Kapasitas Paru-paru
Udara yang keluar masuk paru-paru pada waktu melakukan pernapasan biasa disebut udara pernapasan (udara tidal). Volume udara pernapasan pada orang dewasa lebih kurang 500 nl. Setelah kita melakukan inspirasi biasa, kita masih bisa menarik napas sedalam-dalamnya. Udara yang dapat masuk setelah mengadakan inspirasi biasa disebut udara komplementer, volumenya lebih kurang 1500 ml.
Setelah kita melakukan ekspirasi biasa, kita masih bisa menghembuskan napas sekuat-kuatnya. Udara yang dapat dikeluarkan setelah ekspirasi biasa disebut udara suplementer, volumenya lebih kurang 1500 ml.
Walaupun kita mengeluarkan napas dari paru-paru dengan sekuat-kuatnya ternyata dalam paru-paru masih ada udara disebut udara residu. Volume udara residu lebih kurang 1500 ml. Jumlah volume udara pernapasan, udara komplementer, dan udara suplementer disebut kapasitas vital paru-paru.

174 respons untuk β€˜Sistem Pernafasan pada Manusia’

  1. Tolong Jelaskan yang lengkap dan detail apa itu sebenarnya tidal, komplimenter dan suplimenter

    Terima Kasih

    Suka

  2. silia pada trakea tumbuh di bagian mana? trus bentuk saluran trakea yang beruas-ruas seperti cincin, apakah ada fungsi khusus?

    Suka

  3. Terminoloy dalam anatomi dan fisiologi tu maksudna gimana sich???
    ku tau dikit sich tapi gak menyeluruh,aq pengen tau lebih detailna lagi….
    tolong dijawab ya,Thank so much….

    Suka

  4. yaahh krang lngkap nie…. q btuh bgt wat tgas ….. tlong jlasin dund apa perbdaan udara inspirasi dan udara ekspirasi… makacihh

    Suka

  5. wah dah bgs penjelasannya n kalau bisa lebih detail lagi donk kalo perlu dengan gambarnya biar letak2nya kita tw jga..
    ok

    Suka

  6. aq boleh bertanya gak….???
    kenapa klo kt bernapas hrs melalui hidung…??? padahal melalui mulut pun bisa…..!!!???
    jwb yachhhhhhhh…!!!!

    Suka

  7. Tolong donk, knpa pernapasan laki-laki dan perempuan berbeda?
    apakah perbedaanya pada volume udara pernapasannya atau pada kecepatan pernapasannya?

    trus, apakah pada saat kita tidur kecepatan pernapasan dan volume udara pernapasan kita sama?

    di jelasin ya’????
    Thank’s fur U’r Help!!

    Suka

  8. thanX inf0nha,sgt mmbntU u/ mgrjakan pe.er, saya jg mw nanya” knp kecepatan bernapas orang yg ber0lahraga lbh cpt drpd 0rang yg sdang bristrahat/tdk melakukan aktftas?” t0l0ng jelazkan,5khacie sbelum’nha

    Suka

  9. di sumber yang lain,jumlah alveolus bisa mencapai 600 juta, kalo di bentangkan…luasnya bisa sampai seluas lapangan tenis.
    taukah kamuuuu??? saat kita istirahat kita bernafas setiap menitnya 12-15 kali dengan volume oksigen setiap menghirup 0,5 liter jadi klo di itung2 sehari 24 jam…oksigen yang kita butuhkan 10800 liter….waaaaaksss!! untung oksigen sampe sekarang gratis kita dapet….coooba seandainya oksigen harus kita beli kayak beli minyak tanah…tiap hari kita musti keluarin uang buaaaaaannnyyyakkkk

    Suka

  10. penyakit pernafasan…exp : asma ato sesak nafas : tersumbatnya saluran pernafasan…pemicunya biasanya debu, hewan2 berbulu termasuk kecoa…hiiiii
    trus ada juga kanker paru2, biasanya karena doyan ngerokok truuuusss ada juga emphysema, penyakit paru2 ang membengkan karena pembuluh darahnya terisi udara

    Suka

  11. tlong jlazin lbih jlaz yuaa,, spaya kami para pelajar n smuanya dpat mengerti lbih jlaz thanks,,
    tntang sistem parnafasan pada manusia…

    Suka

  12. pd mnta jlasin emg u swma ngrti bkin’a ap??

    cm 1 kata untuk pembuat web ini,,
    good job!!!

    @vidya:khan kalau kita bernpas menghasilkn uap air+CO2..
    jd,itu alesan’a.

    Suka

  13. aku boleh nanyak ng2k..???

    sistem pernapasan pada bayi, orang dewasa, dan orang tua kan berbeda..

    nah…jadi, dimana letak perbedaan tersebut..

    trimakasih…

    Suka

  14. buat vidya : seperti djelaskn diatas, qta brnafas untk mndptkn energi dan mngluarkan CO2 (karbondioksida) dan H2O (uap air)..
    jd ko kta brnafas ddpan kaca trz ada uap.na brti itw adalah H2O…

    Suka

  15. udah bagus penjelasannya…tapi kayaknya ad yg salah dech.
    udara residu itu 1000cc jd kapasitas vital paru 3500cc

    Suka

  16. contohny juga donk supaya kita mengerti klo d baca sory gue nih bocah tapi ada koment y gini harus lengkap dan padat y ingat itu

    Suka

  17. ow jadi mudeng klo gini ha,ha,ha aku memang suka bercanda koq ha,ha,ha……stt belajar yang serius yaw klo enggak jadi bloon lho ha,ha,ha ^_^

    Suka

  18. sip. bagus isi teorinya. lengkap. apalagi, ini pelajaran yang sangat berguna bagi saya. terima kasih infonya. saya bisa belajar lagi dengan sungguh-sungguh.. πŸ™‚

    Suka

  19. Makasih Dengan Gini Ku gak usah susah susah ngetik tugas tinggal COPY PASTE aja dari sini Skali Lagi Saya Ucapkan Terima Kasih

    Suka

  20. thenk you…………..? berkat jawaban ini saya bisa mengerjakan soal yang di berikan ibu guru saya di sekolah

    Suka

  21. tolong dund, ada brpa gelambir paru2 yg knan…?
    blzzz yuaph…!!!
    please…:) gw mhon….sblumnya thank’s

    Suka

  22. aduh,,,,,,,,,,,,,,
    enak jga ea bljar ndheg
    internet…………………….
    hehehehehe,,,,,,………………..

    Suka

  23. kurang lengkap nich pembahasannya , dx ada kya jenis2 kelainannya, penyebab kelainan, dan cara pencegahan kelainan itu . . . . kasih tauna lbih lengkap donk sya lg bnyak tugas . . . . .

    Suka

  24. paru-paru kanan 3gelambir, pernafasan perut dan dada terjadi secara bersamaan. hanya saja terkadang ada yg lebih menonjol, apakah kt memakai pernafasan dada atau perut. thnks!

    Suka

  25. apakah yang di maksud udara tidal
    ” ” ” ” ” residu
    ” ” ” ” ” komplementer
    ” ” ” ” ” suplementer
    kapasitas votal paru – paru
    kapasitas total paru – paru
    tOlong cepat jawab ya,,,,,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.